Perubahan Perilaku Konsumen Mendorong Digital Marketing



Sobat Dunia Kampus Era Pandemi covid-19 semakin mengakselerasi dan membuktikan betapa pentingnya digital marketing bagi dunia kewirausahaan. Karena ketika masyarakat sudah tidak bisa mengakses secara konvensional beberapa media pemasaran dan promosi yang dilakukan, maka media digital menjadi solusi serta peluang bagi wirausahawan untuk melakukan promosi di era pandemi ini.

Seiring perkembangan zaman maka internet dan teknologi digital mengubah pola perilaku konsumen sehingga terjadinya pergeseran pada perilaku konsumen, wirausahawan dituntut untuk beradaptasi agar bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Digital marketing merupakan jawaban yang diberikan untuk konsumen oleh wirausahawan supaya tetap bisa bersaing di dunia wirausaha.

Banyak keunggulan digital marketing daripada cara pemasaran yang konvensional. Keunggulan tersebut yaitu mudahnya dalam mencapai target pasar yang lebih luas, biaya yang dikeluarkan lebih murah dan memudahkan komunikasi secara langsung dan interaktif dengan calon konsumen.

Pentingnya digital marketing untuk diterapkan karena beberapa poin sebagai berikut:

Memudahkan Membangun brand bisnis

Digital marketing memudahkan wirausahawan membangun merk dagang atau nama brand dengan baik. Kehadiran dunia maya dengan keberadaan brand sangat penting karena calon konsumen akan melakukan pencarian online melalui platform digital seperti website, media sosial, blog dan sebagainya sebelum membeli produk.

Penyebaran yang sangat cepat

Strategi marketing dengan menggunakan media atau platform digital dapat dilakukan dengan sangat singkat, terlebih dalam hitungan detik. Tidak hanya itu, digital marketing juga bisa diukur secara realtime dan akurat.

Meningkatkan pendapatan dengan efisien

Jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional, sudah pasti digital marketing sangat lebih murah dan efisien. Biaya pengeluaran yang dihemat dapat sampai 40%, hal tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report. Tidak hanya itu, survey juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil seperti UMKM akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif dan cepat.

Menjangkau target konsumen spesifik

Kelebihan selanjutnya adalah jangkauan geografis dari Digital Marketing yang sangat luas. Wirausahawan dapat menyebarkan merk/brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa tahapan mudah dengan menggunakan internet.

Memudahkan Evaluasi

Dengan memanfaatkan media online, data dari kegiatan digital marketing dapat langsung diketahui. Data seperti berapa banyak orang yang melihat produk, berapa lama produk ditonton, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya. Setelah mengetahui data-data seperti itu, selanjutnya wirausahawan dapat melakukan evaluasi mana iklan yang baik dan buruk. Sehingga dapat memperbaiki untuk periode marketing berikutnya.

Jenis Digital Marketing

Website

Kehadiran website mampu membuktikan keberadaan bisnis kita. Tidak hanya itu, calon konsumen sering menilai Kelayakan dan keabsahan suatu usaha dari kualitas website yang dimiliki. Impresi pertama pelanggan didapat dari penjelajahan website kita. Bukan hanya itu, website juga bisa digunakan sebagai alat bantu tim penjualan untuk meyakinkan calon konsumen mengenai Layanan dan produk yang disediakan oleh perusahaan.

Pay-per-Click (PPC)

Metode bayar per klik atau Pay-per-Click (PPC), memastikan website kita menjadi unggulan di antara website-website lain dengan kata kunci pencarian yang sama. Google Ads merupakan salah satu contoh penyedia layanan ini.

Namun demikian, media sosial seperti Linkedin, Twitter, pun saat ini sudah menyediakan PPC sebagai sarana marketing usaha yang dapat menjadi pertimbangan.

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya meningkatkan kemungkinan agar tautan ke situs bisnis Anda muncul pada halaman pertama hasil pencarian di Google, misalnya. Tidak hanya di halaman paling pertama, spesialis SEO bahkan menargetkan supaya websitenya menjadi urutan teratas atau pertama. Dengan demikian, kemungkinan website tersebut dibaca dan dibuka oleh calon pelanggan menjadi lebih tinggi.

SEO dilakukan secara organik, yaitu dengan menyisipkan kata kunci yang relevan pada artikel tertentu di situs kita.

Media Sosial

Pembuatan akun yang gratis menyebabkan media sosial sepertiInstagram dan Facebook menjadi media sosial yang paling banyak digunakan. Mudahnya pembuatan dan publikasi materi, dibantu dengan basis followers dalam jumlah besar, mendorong efektivitas marketing melalui media tersebut.

Hal yang harus secara berkala dipersiapkan adalah materi menarik pengikut untuk meningkatkan interaksi pengikut terhadap produk,bisnis, maupun layanan yang kita tawarkan.

Iklan online/afiliasi

Marketing secara afiliasi memanfaatkan popularitas partner/rekan untuk meningkatkan marketing Produk,bisnis, dan layanan kita. Artikel, pemasangan iklan, atau video pada website, media sosial, maupun blog yang tepercaya dan memiliki banyak pengikut merupakan cara efektif untuk meningkatkan paparan terhadap bisnis kita.

Partner afiliasi biasanya memperoleh bayaran atas setiap referensi konsumen yang diberikan.

Video Online

Video yang Berkualitas, informatif, dan menarik dapat menjadi media yang sangat efektif untuk meyakinkan atau menyampaikan calon konsumen terhadap kualitas layanan, produk, dan bisnis kita. Video bisa ditayangkan melalui media sosial, website, maupun platform video online seperti YouTube.

Metadata dengan kata kunci yang relevan pun dapat dilekatkan pada video online sebagai salah satu strategi SEO.

Pemasaran E-mail/SMS/WhatsApp

Meskipunsudah sering digunakan, WhatsApp, SMS, atau broadcasting e-mail tidak jarang dinilai intrusif oleh penerima materi. Jika sangat mengganggu, penerima bahkan dapat memblokir pengirim atau melakukan otomasi pemindahan kiriman ke Trash atau spam. Oleh sebab itu, tugas utama pengguna metode ini yaitu untuk memastikan bahwa materi yang dikirimkan dinilai bermanfaat oleh penerima.

Salah satu cara untuk mengurangi intrusi yaitu dengan memberikan pilihan berlangganan, secara berbayar maupun gratis, kepada target penerima materi.

Mahal atau tidaknya digital marketing bergantung pada tipe Digital marketing yang digunakan oleh perusahaan kita. Jika digital marketing seperti SEO serta konten tentu saja tidak menghabiskan banyak pengeluaran. Akan tetapi, jika digital marketing seperti brosur online serta email tentu saja memerlukan biaya-biaya tertentu.

Digital marketing dapat digunakan pada bisnis dalam industri apapun. Tanpa memperhatikan apa yang perusahaan kita jual, digital marketing masih terlibat dalam membangun buyer personas untuk mengidentifikasi apa yang audience butuhkan, dan membuat nilai konten online.

B2C(Bussiness to Consumer)

Apabila bisnis kita jenis B2C, tergantung pada harga dari produk yang akan dipasarkan, tujuan dari upaya digital marketing yaitu untuk menarik masyarakat membuka website kita dan membuat calon pelanggan menjadi pelanggan tanpa harus berbicara dengan bagian penjual.

Dengan hal tersebut, kita mungkin lebih sedikit fokus terhadap ‘leads’ dalam pengertian secara tradisional, dan lebih banyak fokus pada membangun dan mempercepat perjalanan pembeli, pada saat seseorang mengunjungi website kita, pada saat itu juga mereka membeli. Hal tersebut seringkali membuktikan bahwa fitur produk pada konten meningkat dalam saluran digital marketing daripada dengan hal ini dalam bisnis B2B, dan membutuhkan calls-to-action (CTAs) yang lebih baik.

Untuk perusahaan B2C, channel seperti Pinterest dan instagram lebih banyak bernilai dibandingkan dengan business-focused platform seperti LinkedIn.

B2B (Business to business)

Apabila perusahan kita adalah B2B, maka jenis digital marketing yang dapat di lakukan lebih seperti berpusat disekitar online lead generation, dengan tujuan final agar seseorang dapat berbicara dengan bagian penjualan. Untuk hal tersebut, tujuan dari strategi marketing kita yaitu untuk menarik dan mengubah kualitas tertinggi pada bagian pemasaran via website kita dan mendukung channel digital.

Di luar dari website, kita mungkin memilih untuk fokus pada upaya channel business-focused seperti LinkedIn dimana demografis wirausahawan yaitu menghabiskan waktu mereka online.

Mengetahui tentang digital marketing, untuk Kelancaran dan kesuksesan bisnis kita, tentu harus didukung perencanaan dan persiapan keuangan yang baik. Melakukan analisa keuangan, penghitungan, dan pelaporan merupakan kegiatan pendukung untuk melakukan strategi digital marketing.

Sumber :

https://www.niagahoster.co.id/blog/belajar-digital-marketing/

https://blog.mtarget.co/apa-itu-digital-marketing/

https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapann

https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-dan-jenis-digital-marketin

Komentar

Postingan Populer