Merancang Karir untuk Masa Depan

 Pengertian Karir

Karir merupakan suatu susunan sikap dan perilaku yang saling terhubung satu sama lain dengan aktivitas kerja maupun pengalaman selama rentang waktu pada kehidupan seorang individu serta merupakan susunan aktivitas kerja berkelanjutan. Karir yaitu keadaan yang dapat ditunjukkan dengan adanya kenaikan status kepegawaian seorang pekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi  yang sesuai dengan pekerjaan yang sudah ditentukan oleh organisasi/perusahaan tersebut.

Karir merupakan rangkaian pekerjaan,kedudukan, dan posisi yang pernah ditempati oleh seseorang selama masa kerjanya. Karir bisa menunjukan kenaikan maupun perkembangan pekerja secara individu pada suatu jenjang karir yang dia capai selama masa kerjanya didalam perusahaan.

Terdapat beberapa contoh dari karir misalnya seperti pada tenaga pendidik: konselor, dosen, guru, tutor, dan lain-lain. Serta pada tenaga kependidikan seperti administrasi, kepala sekolah, pustakawan,pengawas sekolah, dan sebagainya.

Mendapat pekerjaan yang layak atau karir dan sesuai harapan, adalah salah satu bagian yang  paling penting dalam kehidupan manusia yang sehat, di mana saja dan kapan saja mereka berada. Orang akan merasa sangat gelisah dan susah apabila tidak mendapatkan pekerjaan yang stabil dan jelas, apalagi jika sampai menjadi pengangguran. Banyak  juga orang yang mengalami frustasi dan stres dalam hidup  karena masalah pekerjaan.

Perencanaan Karir

Proses dimana seorang pekerja bisa mengidentifikasi ataupun mengambil langkah-langkah dalam mencapai tujuan karirnya. Dengan perencanaan karir yang baik nantinya setiap pekerja dapat mengevaluasi minat ataupun kemampuan yang dimilikinya, lalu agar dapat mempertimbangkan karir pilihannya, memilih karir alternatif, menyusun tujuan karirnya.

Merencanakan suatu karir juga merupakan perencanan tentang kemungkinan seorang pekerja, anggota organisasi ataupun seorang individu untuk membangun proses kenaikan jabatan atau pangkat sesuai dengan kualifikasi jabatan tersebut dengan kemampuannya.

Di masa sekarang keterlibatan organisasi di dalam perencanaan suatu karir semakin banyak . Bahkan saat ini banyak sekali calon pegawai pada suatu organisasi khususnya calon yang pendidikannya tinggi mereka menginginkan sebuah karir bukan hanya pada satu jabatan saja, tetapi banyak yang ingin lebih.

Perencanaan karir merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara terfokus dan terarah dengan berdasar pada potensi (bakat, keyakinan, minat, dan nilai-nilai) yang dimiliki untuk mendapatkan sumber pendapatan yang memungkinkan kita untuk  terus berkembang dan maju baik secara kuantitas (kesejahteraan) maupun kualitas (hidup).

Dalam perencanaan karir sebenarnya yang ditekankan tidak hanya pada pekerjaan apa yang nantinya kita dapat, tetapi juga persiapan yang kita lakukan. Salah satunya persiapan yang sangat penting ialah memilih keterampilan dan pendidikan yang akan kita kembangkan. Contohnya jika saat ini kita berada di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) maka kita nanti harus bisa menentukan kira-kira jurusan apa yang akan dipilih Bahasa,IPS atau IPA.

Tips Mempersiapkan karir

Meningkatkan hard skill dan soft skill

Banyak ragam hardskill dan soft skill yang harus kita miliki agar perencanaan karir berjalan dengan baik.

Di dalam dunia kerja, kamu tidak hanya membutuhkan kemampuan teknis atau hard skill. Agar pekerjaan semakin berjalan dengan baik, dan rencana karir bisa di raih ada beberapa soft skill yang juga sangat dibutuhkan.

Contohnya kemampuan kemampuan bekerja sama, berkomunikasi dalam bekerja, serta dapat diajak berdiskusi, ini merupakan soft skill yang baiknya dimiliki oleh seorang karyawan. Karena meskipun dianggap sepele, hal ini dapat membantu dirimu atau tim sukses mencapai target perusahaan.

Sumber :

https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-karir/

https://islahzone.wordpress.com/2012/12/04/merencanakan-karir-di-masa-depan/

https://www.ekrut.com/media/6-tips-sukses-merancang-rencana-karir-untuk-masa-depanmu

Komentar

Postingan Populer